Sejarah Fakultas Sain dan Teknologi UIA

Sejarah Fakultas Sains Dan Teknologi (FST) Universitas Islam As-Syafiiyah tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Fakultas Teknik dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dimana FST merupakan gabungan dari kedua fakultas tersebut.

Pada Tahun 1979 KH. Abdullah Syafi’i membangun kampus UIA di wilayah Jatiwaringin diatas tanah 1.3 Ha yang tanggung jawabnya diserahkan kepada presidium yayasan. Pada masa-masa tersebut sampai akhir tahun 1982 dimana fasilitas awal perkuliahan telah selesai dibangun, maka didirikanlah cikal bakal Fakultas Sains Dan Teknologi yaitu Fakultas Teknik (FST) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Program Studi Fakultas Teknik saat itu adalah Program Studi Teknik Mesin (S1), sementara Fakultas MIPA mendirikan Program Studi Biologi (S1) dan Program Studi Matematika (S1).

Program Studi Teknik Industri (S1) mulai berdiri sejak tahun 1995 dan mendapatkan akreditasi pada tahun 2000 hingga saat ini. Sementara itu Program Studi Teknik Informatika (S1) mulai didirikan sejak tahun 2015 dan dilaksanakan akreditasi ulang pada tahun 2018 ini. Sehingga saat ini, FST UIA telah memiliki 5 program studi yang kesemuanya telah terakreditasi.

Dengan tekad civitas akademika yang melekat pada semua institusi yang berada dibawah payung Universitas Islam As-Syafiiyah, dengan dijiwai oleh kaidah dan nilai-nilai dasar kejuangan Universitas Islam As-Syafiiyah, maka Fakultas Sains Dan Teknologi juga bertekad untuk melaksanakan pola ilmiah pokok pendidikan yaitu Integrasi Ilmu Dan Agama Yang Terwujud Dalam Rekayasa Manajemen Yang Bercirikan nilai-nilai Islam.