SEKILAS PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

Institute of Industrial Engineering (IIE) menjelaskan bahwa Teknik industri berfokus kepada perancangan, peningkatan dan instalasi dari sistem terintegrasi yang terdiri atas manusia, material, peralatan dan energi untuk menspesifikasikan, memprediksi dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari sebuah sistem terintegrasi, oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan dan keahlian dalam bidang matematika, fisika dan ilmu-ilmu sosial serta prinsip dan metodologi teknik/rekayasa. Bidang garapan teknik industri adalah sistem integral yang terdiri dari manusia, material/bahan, informasi, peralatan, dan energi. Dasar keilmuan teknik industri multidisiplin, karena teknik industri tidak hanya bertumpu pada ilmu matematika dan fisika, tetapi juga ilmu sosial dan manajemen.

Lulusan Teknik Industri tidak hanya mampu bekerja di sektor industri manufaktur saja, tapi bisa melebar ke sektor jasa. pekerjaan yang sering diambil lulusan teknik industry menyangkut QA (Quality Assurance), Business Excellence Team, Standard and Procedure Development Officers, Pemasaran, Operations Officer hingga Directors. Selain itu juga lulusan teknik industry mampu diserap dibidang perbankan, stasiun televisi, telekomunikasi, teknologi informasi, pemerintahan, konsultan, asuransi, energi, rumah sakit, pendidikan dan lain sebagainya.

Keunggulan yang ditawarkan oleh Teknik Industri, secara kurikulum menekankan terhadap pendekatan multidisiplin, ditambah dengan kemampuan perancangan (design capability) dengan latar belakang keteknikan kuat. Latar belakang keteknikan inilah yang diharapkan dapat menguatkan kemampuan mengembangkan metodologi yang logis dan terstruktur, dibandingkan dengan bidang ilmu lainnya.

Hal tersebut mencakup bagaimana mengevaluasi standar waktu kerja untuk menyeimbangkan antara kemampuan manusia normal dengan tuntutan organisasi. Kemudian merancang cara kerja manual terbaik dengan memastikan sebuah desain kerja dapat mengoptimalkan kemampuan manusia dan hukum. Selanjutnya merancang dan memperbaiki layout baik dari pabrik maupun stasiun kerja. Teknik Industri juga mampu menyusun jadwal produksi dan pengadaan dari setiap seluruh fasilitas produksi serta bagaimana menyimpannya untuk memastikan bebas hambatannya proses produksi dikenal dengan Production Planing and Inventory Control. Tak hanya itu, jurusan Teknik Industri bisa menjaga tingkat operasi dari setiap sumber daya seperti mesin dan peralatan, dalam kondisi optimal melalui manajemen pemeliharaan. Bahkan, dapat menjamin mutu produk yang berasal dari mutu proses yang baik atau quality assurance.

Program Studi Teknik Industri Universitas Islam As-Syafiiyah
Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam As-Syafiiyah merupakan salah satu program studi yang didirikan pada tahun 1997, berstatus terdaftar dengan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan No.452/DIKTI/Kep/1997 pada tanggal 8 Desember 1997 dan tahun 2017 telah diakreditasi ulang dengan nilai C.

Kurikulum Program Studi Teknik Industri Universitas Islam As-Syafiiyah dikembangkan berdasarkan kebutuhan dunia industri saat ini dan masa depan. Perubahan kurikulum program studi dilakukan secara signifikan untuk menjawab beberapa permasalahan yang terjadi di dunia industri. Sementara itu Teknik Industri Universitas Islam As-Syafiiyah merupakan kampus swasta yang diberi kebebasan untuk mengembangkan kemampuannya, dan sesuai dengan visi misi Universitas Islam As-Syafiiyah untuk mewujudkan keterpaduan ilmu dan agama berusaha menjadikan lulusan bukan hanya mampu dalam bidang keilmuan Teknik Industri secara umum, tetapi juga memahami bahwa nilai nilai agama islam dalam kegiatan pembelajaran diharapkan akan memberikan dampak dalam kehidupan mahasiswa saat ini maupun kedepan.

Program studi Teknik Industri Universitas Islam As-Syafiiyah bergabung dalam Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Swasta Teknik Industri (BKSTI) seluruh Indonesia dimana dalam badan kerjasama ini membentuk kurikulum Program Studi Teknik Industri sendiri dan diterapkan secara bersama sama dengan kampus kampus lain yang memiliki program studi Teknik Industri.

Kurikulum Teknik Industri Universitas Islam As-Syafiiyah yang diberlakukan saat ini merupakan kurikulum yang dibentuk tahun 2014 berdasarkan hasil worksop Kurikulum Fakultas Sains Dan Teknologi. Berdasarkan workshop tersebut dibentuklah kurikulum Program Studi Teknik Industri yang telah disesuaikan dengan kurikulum BKSTI yang juga telah disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai dengan UU No.12 Tahun 2012.